Hikmah

Mukjizat Nabi Daud as, Dari Kitab Zabur hingga Melunakan Besi jadi Baju

Kastolani Marzuki · Sabtu, 19 Juni 2021 - 09:28 WIB
Mukjizat Nabi Daud as, Dari Kitab Zabur hingga Melunakan Besi jadi Baju
Ilustrasi Nabi Daud mengalahkan Jalut yang kejam. (Foto: ist)

5. Membuat Baju Besi

Mukjizat Nabi Daud lainnya yakni membuat baju dari besi dengan menganyamnya menggunakan tangan sendiri. Allah SWT berfirman:

{أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ}

buatlah baju besi yang besar-besar. (Saba: 11)

Yaitu baju-baju besi yang dianyam lagi besar-besar.

Qatadah mengatakan bahwa Daud adalah orang yang mula-mula membuat baju besi dengan dianyam. Dan sesungguhnya sebelum itu baju besi-hanya berupa lempengan-lempengan.

6. Memiliki Kerajaan yang Kuat

Nabi Daud as adalah seorang penduduk dunia yang paling kuat kekuasaannya. Kerjaan Nabi Daud as selalu dijaga oleh empat ribu orang personel prajurit setiap harinya. 

Menurut sebagian ulama Salaf, telah sampai kepadanya suatu riwayat yang menyebutkan bahwa Daud setiap malamnya dijaga oleh tiga puluh tiga ribu pasukan yang sampai tahun mendatang prajurit yang telah berjaga tidak kebagian giliran lagi. Pendapat yang lain menyebutkan empat puluh ribu prajurit yang lengkap dengan senjatanya.

Allah SWT berfirman:

{وَشَدَدْنَا مُلْكَهُ}

"Dan Kami kuatkan kerajaannya. (QS. Shad: 20)

Yaitu Kami jadikan baginya kerajaan yang sempurna dari semua apa yang diperlukan oleh para raja.

7. Diberikan Ilmu Hikmah

Nabi Daud as diberikan mukjizat dengan pemahaman, akal, dan kepandaian. 

{وَآتَيْنَاهُ الْحِكْمَةَ}

dan Kami berikan kepadanya hikmah. (Shad: 20)

8. Membunuh Jalut

Disebutkan di dalam kisah israiliyat bahwa Daud membunuh Jalut dengan katapel yang ada di tangannya; ia membidiknya dengan katapel itu dan mengenainya hingga Jalut terbunuh. Sebelum itu Talut menjanjikan kepada Daud, bahwa jika Daud dapat membunuh Jalut, maka ia akan menikahkan Daud dengan anak perempuannya dan membagi-bagi kesenangan bersamanya serta berserikat dengannya dalam semua urusan. 

Maka Talut menunaikan janjinya itu kepada Daud. Setelah itu pemerintahan pindah ke tangan Daud as di samping kenabian yang dianugerahkan Allah kepadanya. 

Allah SWT berfirman:

{وَقَتَلَ دَاوُدُ جَالُوتَ}

dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut. (Al-Baqarah: 251)

Silsilah nabi Daud. Disebutkan bahwa Daud adalah putera dari  Isyar ibn Uwaid ibn ’Abir ibn Salmun ibn Nakhsun ibn Uwainadzab ibn  Aram ibn Hashrun ibn Farash ibn Yahudza ibn Yakub ibn Ishak ibn Ibrahim.

Nabi Daud as diutus oleh Allah SWT kepada Kaum Bani Israil untuk mengajaknya beriman dan menyembah hanya kepada Allah SWT. Sepeninggal Nabi Daud as, kerajaannya di wilayah Palestina kemudian diteruskan putranya yakni Nabi Sulaiman as.

Wallahu A'lam.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News