Hikmah

Persamaan Sholat Idul Adha dan Idul Fitri serta Perbedaannya

Kastolani Marzuki · Rabu, 21 Juli 2021 - 16:44 WIB
Persamaan Sholat Idul Adha dan Idul Fitri serta Perbedaannya
Sholat Idul Adha 1442 H di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.(Foto: Antara/Sukarli)

7. Dianjurkan Untuk Dihadiri Oleh Semua Kalangan

Sama-sama dihadiri oleh semua warga, baik laki-laki atau pun perempuan, baik dewasa maupun anak-anak, baik orang merdeka ataupun budak. Bahkan para wanita yang sedang haidh sekalipun tetap dianjurkan hadir.

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ : أُمِرْنَا أَنْ نُخْرِجَ الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ فِي الْعِيدَيْنِ : يَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ وَيَعْتَزِلُ الْحُيَّضُ الْمُصَلَّى

Dari Ummu ‘Athiyyah Ra ia berkata: “Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami untuk mengeluarkan hamba sahaya dan wanita haidh pada hari Iedul Fithri dan Iedul Adha, agar mreka dapat menyaksikan kebaikan dan undangan muslimin. Dan wanita yang haidh menjauhi tempat shalat. (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Dikerjakan Nabi SAW di Luar Kota Madinah

Sama-sama dikerjakan oleh Rasulullah SAW beserta rakyat Madinah di luar kota Madinah, yaitu di padang pasir. Namun tetap dibolehkan bila dilakukan di dalam masjid, karena penduduk Mekkah tetap melakukannya di dalam masjid.

9. Dikerjakan di Waktu Dhuha

Sama-sama dilaksanakan di waktu dhuha dan tidak dilakukan bila telah lewat Dzhuhur. Kalau pun terlewat dan mau diqadha', waktunya keesokan harinya pada saat dhuha'.

Dari Abu Umair bin Anas bin Malik ia berkata: “Paman-pamanku dari kalangan Anshor yang termasuk sahabat Rasulullah SAW pernah menceritakan padaku: Mereka berkata,“Hilal bulan Syawal pernah tertutupi sehingga kami tidak bisa melihatnya, kemudian besoknya kami melaksanakan shaum, kemudian menjelang sore datang sekelompok kafilah dan bersaksi di hadapan Nabi SAW bahwa mereka melihat hilal kemarin. Maka Rasulullah SAW memerintahkan mereka untuk berbuka dan pergi untuk melaksankan shalat Ied esok harinya” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News