Resep Jamur Kancing Dimasak dengan Bumbu Sederhana, Rasa seperti Masakan Restoran

Vien Dimyati · Senin, 12 Februari 2024 - 17:40 WIB
Resep Jamur Kancing Dimasak dengan Bumbu Sederhana, Rasa seperti Masakan Restoran
Resep Jamur Kancing Dimasak dengan Bumbu Sederhana (Foto: Instagram@@yulia_tokarmo)

JAKARTA, iNews.id - Resep jamur kancing tidak terlalu sulit untuk dimasak menjadi menu sehari-hari. Jamur kancing merupakan salah satu tumbuhan yang kerap dijadikan masakan.

Ada banyak jenis jamur, di antaranya ada yang aman dikonsumsi dan ada pula yang tidak. Kali ini, Anda bisa memilih jamur kancing untuk dikonsumsi. Sesuai dengan namanya, jamur ini berbentuk bulat mirip kancing, teksturnya lembut.

Jenis-jenis jamur yang dapat dikonsumsi umumnya kaya dengan nutrisi. Adapun di antaranya protein, magnesium, kalium, vitamin B6, folat, dan fosfor. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan antioksidan, antiradang, antivirus, dan antidiabetes.

Tidak heran bila jamur sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sejumlah manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi jamur adalah potensi mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, hingga menjaga kesehatan tulang.

Kali ini, Anda bisa memasak menu jamur dengan bahan yang sederhana, namun rasanya lezat seperti masakan restoran. Anda hanya memakai bumbu bawang putih, bawang bombai, hingga penyedap. 

Penasaran, ingin tahu cara membuat dan resep jamur kancing yang enak dan sederhana? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @yulia_tokarmo, Senin (12/2/2024).

Resep Jamur Kancing

Bahan:

250 gr jamur kancing
3 bawang putih
2 batang seledri
1/2 bawang bombai
1 sdt saus tiram
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (selera)
2 sdm minyak

Cara membuat:

1. Cuci jamur di air mengalir lalu tiriskan, lap pelan-pelan dengan tisu dapur (kalau bersih, jamur dilap saja tidak perlu dicuci) potong jamur sesuai selera ketebalannya, sisihkan. Cincang bawang putih, potong memanjang bawang bombai, sisihkan.
2. Panaskan pan, tumis jamur hingga berwarna kecokelatan (jangan sering di bolak-balik ) setelah satu sisi cokelat baru balik, masukkan bawang putih, bombai, tumis hingga layu. Masukkan lada, garam, kaldu, saus tiram, aduk rata. Masukkan seledri, aduk rata, koreksi rasa, angkat dan sajikan.

Itulah resep jamur kancing yang enak dengan bumbu sederhana. Rasanya seperti masakan restoran bikin nagih.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News