Resep Usus Bumbu Rujak yang Enak, Rasanya Pedas Manis Bikin Nagih

Vien Dimyati · Kamis, 15 Februari 2024 - 18:28 WIB
Resep Usus Bumbu Rujak yang Enak, Rasanya Pedas Manis Bikin Nagih
Resep Usus Bumbu Rujak yang Enak (Foto: Instagram @yuni.fitriasari8)

JAKARTA, iNews.id - Resep usus bumbu rujak sangat mudah diolah dengan bahan sederhana. Ya, sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari usus ayam yang dimasak dengan bumbu, seperti cabai, bawang, kencur, dan rempah lainnya.

Perlu diketahui, hidangan usus bumbu rujak merupakan salah satu masakan khas Jawa. Adapun bumbu rujak yang dipadukan dengan usus terbuat dari campuran bumbu seperti cabai, gula merah, tamarind, garam, dan tambahan kacang atau ebi.

Untuk membuat usus bumbu rujak, Anda hanya menyiapkan usus ayam yang sudah dibersihkan dan berbagai rempah. Anda bisa menghaluskan sebagian bumbu dan menumisnya sampai harum. Kemudian masukkan usus ayam yang sudah direbus dan tambahkan air secukupnya. Masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental. Sajikan dengan nasi hangat atau lontong.

Usus bumbu rujak memiliki cita rasa pedas, manis, asam, dan gurih. Tekstur usus ayam yang kenyal dan lembut juga menambah sensasi makan yang nikmat. Usus bumbu rujak cocok dijadikan lauk atau camilan di siang atau sore hari.

Kali ini, jika tertarik mencicipi usus bumbu rujak, Anda bisa membuat di rumah dengan resep pilihan. Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram@yuni.fitriasari86, pada Kamis (15/2/2024).

Resep Usus Bumbu Rujak

Bahan:

1 kg usus ayam (cuci bersih)
10 siung bawang merah
7 siung bawang putih
7 butir kemiri
1/4 kg cabai keriting
1 ons cabai rawit
1/2 kg tomat
Sejumput asem jawa
3 sdm gula merah
Gula pasir
Lengkuas
Jahe
Daun salam
Daun jeruk
Serai
Garam, merica, ketumbar
Kaldu ayam
Secukupnya Air
Kecap manis

Cara Membuat:

1. Cuci bersih usus ayam. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam, serai, daun jeruk. Kemudian tumis sampai tanak.
2. Setelah bumbu tanak, masukkan usus ayam, tambahkan air secukupnya, lalu aduk sampai tercampur semua antara bumbu dengan ususnya. Masak selama kurang lebih 45 menit. Kemudian setelah matang, diamkan sampai dingin. Kemudian tusuk dengan tusuk sate. Siap dipanggang.

Itulah resep usus bumbu rujak yang enak dibuat dengan bahan sederhana. Bagi pencinta pedas wajib coba!


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News