Urutan Surat Dalam Alquran, Jumlah Ayat dan Artinya

Kastolani Marzuki · Jumat, 02 September 2022 - 17:45 WIB
Urutan Surat Dalam Alquran, Jumlah Ayat dan Artinya
Urutan Surat dalam Alquran lengkap dengan jumlah ayat dan artinya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Urutan Surat dalam Alquran, jumlah ayat dan artinya penting diketahui tiap Muslim agar semakin bertambah keimanan dan kecintaan kepada kitab suci. 

Alquran berasal dari kata kerja qara a yang berarti membaca dan kata dasarnya adalah quran yang berarti bacaan. Huruf Alif pada kata Quran, Menurut cendikiawan muslim Qurasih Shihab, mengandung arti kesempurnaan. Dengan demikian Alquran adalah bacaan yang sempurna. Tidak hanya sempurna akan kandungannya, namun juga redaksi serta petunjuknya. 

Dikutip dari buku Al-Qur'an Hadis (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013) terbitan Kemenag untuk siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VII, kandungan Al Quran berisi ajaran yang lengkap dan menyeluruh yang diberikan oleh Allah Swt. Ajaran-ajaran tersebut ada yang bersifat mujmal, yakni hanya memberikan prinsip-prinsip umumnya saja, dan ada juga yang bersifat tafshil yakni ajaran yang terperinci dan khusus.

Urutan Surat Dalam Alquran

Surat adalah nama bagi sekumpulan ayat-ayat Alquran. Ada 114 surat dalam Alquran. Surat Al Fatihah merupakan pembuka dalam Alquran. Sedangkan Surat An Nas menjadi surat pamungkas atau terakhir. Surat paling pendek adalah surah Al ’Asr dan Al kausar yang masing-masing berjumlah tiga ayat. Sedangkan surah terpanjang adalah surah Al Baqarah yang berjumlah 286 ayat.

Masing-masing surat tersebut memiliki namanya sendiri yang membedakannya dari surah yang lain.  Dilansir dari tafsiralquran, ada dua pendapat tentang asal muasal nama surah. 

Mayoritas ulama seperti al-Suyuti dan al-Zarkasyi condong pada pendapat nama-nama surat ditentukan oleh Nabi Muhammad (tauqifi). al-Suyuti mengatakan, semua nama surat berasal dari Nabi Muhammad yang dapat diketahui dari riwayat-riwayat hadis yang telah menamai surat-surat yang ada dengan nama-nama tertentu.

Pendapat lainnya dari segolongan ulama mengatakan bahwa penamaan surat bisa saja dibuat dan dipopulerkan oleh para sahabat (ijtihadi). Ini yang kemudian menjadikan beberapa surah memiliki banyak nama, meskipun hanya ada satu atau dua nama yang lebih populer dari nama yang lain.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News