6 Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an yang Penuh Kemuliaan Lengkap dengan Dalilnya

Kastolani Marzuki · Rabu, 27 Maret 2024 - 21:51 WIB
6 Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an yang Penuh Kemuliaan Lengkap dengan Dalilnya
Ilustrasi keutamaan malam Nuzulul Quran yang penuh kemuliaan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu keistimewaan Bulan Ramadhan yakni diturunkannya Al Qur'an yang disebut dengan nuzulul qur'an. Ada banyak keutamaan malam Nuzulul Quran bagi umat Islam sebagaimana disebutkan dalam Al Quran dan hadits.

Nuzulul Qur'an sebagaimana dilansir dari laman MUI, terdiri atas kata nuzul dan Alquran. Penggunaan kata nuzul dalam istilah Nuzulul Quran atau turunnya Alquran tidaklah dapat dipahami maknanya secara harfiah, yaitu menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, sebab Alquran tidaklah berbentuk fisik atau materi.

Mengutip pendapat dari Jalaluddin al-Suyuthi pengertian Nuzulul Quran diartikan secara majazi, yaitu penyampaian wahyu kepada Nabi Muhammad SAW dari alam ghaib ke alam nyata melalui perantara malaikat Jibril.

Secara sederhana Nuzulul Quran diartikan dengan peristiwa turunnya Alquran yang juga sekaligus waktu di mana peresmian Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul oleh Allah SWT.

Nuzulul Qur'an merupakan peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT yakni Al Qur'an dari Baitul Izzah ke bumi pada 17 Ramadhan. 

Sedangkan secara terminologi, Nuzulul Quran merupakan peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT yakni Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril alaihisalam secara berangsur-angsur.

Sejarah Nuzulul Qur'an

Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadhan, di Gua Hira pada Tahun ke-41 dari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu lima ayat dari Surat Al-'Alaq.

Para ulama berbeda pendapat mengenai waktu turunnya Alquran. Sebgian berpendapat pada 17 Ramadhan, sebagian lagi mengatakan Alquran diturunkan pada tanggal 24 Ramadhan. 

6 Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an

1. Malam yang Lebih Baik dari 1.000 Bulan

Malam Lailatul Qadar sebanding pahalanya dengan melakukan ibadah selama 1.000 bulan. Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

«مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ»

Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu.

2. Malam Diturunkannya Alquran

Allah SWT berfirman, mengagungkan kedudukan Lailatul Qadar yang dikhususkan oleh Allah sebagai malam diturunkan-Nya Al-Qur'an di dalamnya. 

{وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ}

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (Al-Qadar: 2-3).

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News