hikmah

6 Sifat Buruk Bangsa Yahudi-Bani Israil dalam Alquran, Nomor 6 Sangat Keterlaluan

Kastolani Marzuki · Senin, 17 Mei 2021 - 05:30 WIB
6 Sifat Buruk Bangsa Yahudi-Bani Israil dalam Alquran, Nomor 6 Sangat Keterlaluan
Tentara israel memerangi kaum Muslim Palestina di Masjid Al Aqsa. (Foto: Reuters)

6. Mengubah Firman dan Hukum Allah

Sikap buruk Bani Israil dan Kaum Yahudi yakni mengubah firman dan hukum Allah SWT

اَفَتَطْمَعُوْنَ اَنْ يُّؤْمِنُوْا لَكُمْ وَقَدْ كَانَ فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَسْمَعُوْنَ كَلَامَ اللّٰهِ ثُمَّ يُحَرِّفُوْنَهٗ مِنْۢ بَعْدِ مَا عَقَلُوْهُ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, padahal segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubahya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui?. (QS. Al Baqarah: 75).

Menurut Ibnu Zaid, yang dimaksud dengan Kalamullah ialah kitab Taurat yang diturunkan kepada mereka, lalu mereka mengubahnya. Mereka menjadikan hal yang halal di dalamnya menjadi haram, dan yang haram mereka jadikan halal; lalu mereka mengubah perkara yang hak menjadi perkara yang batil, dan yang batil menjadi hak. 

Apabila datang kepada mereka orang yang berada dalam pihak yang benar disertai dengan uang suap, barulah mereka mengeluarkan Kitabullah (Taurat). Jika datang kepada mereka orang yang berada dalam pihak yang batil dengan membawa uang suap, mereka mengeluarkan kitab yang telah mereka ubah itu sehingga dia berada dalam pihak yang benar. 

Wallahu A'lam.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News