Ahlan Wa Sahlan Ya Syahru Maulid, Ini Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Kastolani Marzuki ยท Senin, 18 September 2023 - 16:01 WIB
Ahlan Wa Sahlan Ya Syahru Maulid, Ini Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal
Ilustrasi ahlan wa sahlan ya syahru maulid Nabi SAW. (Foto: Freepik)

Dari definisi ini dapat dipahami bahwa kegiatan yang dilakukan pada momen hari kelahiran Nabi Saw berwujud amalan-amalan ibadah yang bersifat mutlak. Seperti melakukan pembacaan dan pengkajian tentang sirah Rasulullah SAW melalui pembacaan syair-syair yang tertulis dalam kitab-kitab Maulid seperti al-Barzanji, Simtu ad-Duror, ad-Diba’, Maulid Syaraf al-Anam, dan semisalnya, ataupun melakukan kegiatan tertentu yangdikatagorikan ibadah muthlak seperti membaca shalawat, membaca Alquran, bersedekah, dan lainnya.

Tujuan dalam melaksanakannya adalah dalam rangka menampakkan kegembiran atas kelahiran Sang Nabi mulia. Pengungkapan rasa gembira itu memang dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan anugerah dari Tuhan. Sebagaimana firman Allah SWT : Katakanlah (Muhammad), sebab fadhal dan rahmat Allah (kepada kalian), maka bergembiralah kalian. (QS Yunus, 58). 

Amalan Bulan Rabiul Awal

1. Perbanyak Sholawat

Amalan Bulan Rabiul Awal yang merupakan momen kelahiran Nabi Saw pertama dianjurkan banyak membaca sholawat.

2. Mengkaji Kisah Kelahiran Nabi Muhammad

Amalan Bulan Rabiul Awal lainnya yakni mengkaji kisah atau sirah kelahiran Nabi Muhammad SAW melalui pembacaan syair-syair yang tertulis dalam kitab-kitab Maulid seperti al-Barzanji, Simtu ad-Duror, ad-Diba’, Maulid Syaraf al-Anam, dan semisalnya. 

3. Bersedekah

Amalan Bulan Rabiul Awal selanjutnya yakni banyak bersedekah. Lazim di masyarakat Muslim Jawa di Bulan Rabiul awal ini dengan memberikan sedekah makanan di tanggal 12 Rabiul Awal sebagai bentuk syukur dan kegembiraan merayakan Maulid Nabi SAW.
Sedekah sebagai bentuk kegembiraan atas kelahiran Nabi SAW juga dilakukan Abu Lahab, paman Nabi SAW yang paling getol memusuhi Rasulullah SAW. 

Saking gembiranya menyambut kelahiran Sang Nabi, Abu Jahal memerdekakan budaknya bernama Tsuwaibah. Atas amaliyahnya itu, Abu Jahal diringankan siksanya setiap hari Senin.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News