Bacaan Ayat Kursi, Arab, Latin, Arti serta 8 Keutamaan

Hanna Ratih Aninditya ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:39 WIB
Bacaan Ayat Kursi, Arab, Latin, Arti serta 8 Keutamaan
Bacaan Ayat Kursi beserta artinya penting dihafal Muslim karena banyak keutamaannya. (Foto: ist)

Keutamaan Ayat Kursi 

Ayat Kursi memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadis. 

Dari Abu Umamah yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca ayat Kursi sehabis setiap salat fardu, maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati".

Hal yang sama diriwayatkan oleh Imam Nasai di dalam kitab Al-Yaum wal Lailah dari Al-Hasan ibnu Bisyr dengan lafaz yang sama.

Dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan bahwa ayat tersebut disebut "ayat Kursi", karena mempunyai kedudukan yang besar.

Di dalam sebuah hadis sahih, dari Rasulullah SAW disebutkan bahwa ayat Kursi merupakan ayat yang paling utama di dalam Kitabullah.

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca Ha-Mim surat Al-Mumin sampai kepada firman-Nya, "Ilaihil masir," dan ayat Kursi di saat pagi hari, maka ia akan dipelihara oleh keduanya hingga petang hari. Dan barang siapa yang membaca keduanya hingga petang hari, maka ia akan dipelihara berkat keduanya hingga pagi hari".

Berikut 8 keutamaan membaca doa Ayat Kursi:

1. Menjaga Keluarga dan Harta

Keutamaan dari Ayat Kursi yang teramat mulia ini adalah sebagaimana diriwayatkan dalam kitab Addurrul Mantsur, Rasulullah bersabda:“Sesungguhnya ia (Ayat Kursi) adalah ayat yang sangat agung yang terdapat dalam Alquran.”Terdapat sebuah riwayat yang mengatakan:

“Bacalah Ayat Kursi karena dapat menjaga dirimu, anak-anakmu dan tempat tinggalmu serta rumah yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Apabila dibaca pada pagi hari dan petang hari maka akan aman dari gangguan jin. Apabila engkau membacanya ketika engkau hendak tidur maka Allah akan menjagamu sehingga setan tidak akan mampu mendekatimu hingga pagi hari.”

2. Setara Membaca Seperempat Alquran

Keutamaan lain bacaan Ayat Kursi adalah setara dengan membaca seperempat Alquran.

Dalam kitab Taisiril Ushul Ila Jami’ Ushul Min Hadits Rasul karya dari seorang ulama besar Asy-Syaikh Abdurrahman Ad-Diba’iy Asy-Syaibani Asy-Syafi diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk dan punuknya Alquran adalah surat Al-Baqarah dan di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat Alquran yaitu, Ayat Kursi.” (HR. At-Turmudzi)


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News