Hikmah

Covid-19 Melonjak, PBNU Ajak Muslim Rutin Baca Sholawat Nariyah

Kastolani Marzuki · Minggu, 04 Juli 2021 - 15:20 WIB
Covid-19 Melonjak, PBNU Ajak Muslim Rutin Baca Sholawat Nariyah
Sekjen PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini melantunkan sholawat nariyah di menara Masjid Hubbul Wathan NTB. (Foto: Instagram)

Keutamaan Sholawat Nariyah

Keutamaan membaca sholawat nariyah menurut para ulama sangat banyak di antaranya menerangi hati dari kecemasan dan menyelamatkan dari musibah termasuk di antaranya wabah Covid-19. 

Imam al Qurthubi mengatakan: “Barang siapa membaca shalawat ini (al-Nariyah/al-Tafjiriyah) 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan melapangkan kesulitannya, mengusir kesedihannya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya menurut kadar imannya, meninggikan derajat nya, membaguskan keadaannya, meluaskan rejekinya, membukakan pintu-pintu kebaikan, dan melindunginya dari kehacuran sepanjang tahun, menyelamatkan dari berbagai musibah kelaparan dan kemiskinan, dicintai oleh semua mahluk, dan dikabulkannya doa dari segala doa.”

Syeikh Ibnu Hajar al Asqalani menyebutkan Sholawat Nariyah menjadi amalan yang dilakukan oleh para ulama apabila mereka memohon suatu hajat kepada Allah atau menolak datangnya suatu bencana. Sholawat Nariyah ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 4.444 kali. Menurut Imam As-Sanusy, orang yang membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali maka ibarat baginya telah diturunkan rezeki dari langit dan tumbuh di bumi. Senada dengan pernyataan diatas, Syekh Muhammad at Tunisy mengatakan bahwa barangsiapa membaca sholawat ini setiap hari sejumlah 11 kali, maka Allah akan menurunkan rezekinya dari langit dan mengikutkan rezekinya dari belakang.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News