Hikmah

Doa Penyembelihan Qurban Beserta Artinya Lengkap dengan Tata Cara

Kastolani Marzuki · Selasa, 20 Juli 2021 - 16:47 WIB
Doa Penyembelihan Qurban Beserta Artinya Lengkap dengan Tata Cara
Doa penyembelihan qurban dan artinya penting diketahui saat menyembelih hewan kurban pada Idul Adha 2021. (Foto: Dok.iNews)

JAKARTA, iNews.id - Doa penyembelihan qurban beserta artinya sesuai syar'i perlu diketahui bagi yang akan menyembelih hewan kurban sendiri maupun bagi para tukang jagal hewan kurban pada Idul Adha 2021 ini. Dalam Al Quran, Allah SWT memerintahkan kepada hamba-Nya agar menyebut nama Allah ketika menyembelih hewan kurban.

Allah SWT berfirman:

{فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا صَوَافَّ}

Artinya: "maka sebutkanlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelih­nya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). (QS. Al-Hajj: 36). 

Berikut doa penyembelihan qurban beserta artinya sesuai sunnah:

Dari Jabir ibnu Abdullah mengatakan bahwa ia pernah shalat bersama Rasulullah SAW di Hari Raya Kurban. Setelah bersalam dari shalatnya, didatangkan kepada Nabi SAW seekor domba, lalu Rasulullah SAW menyembelihnya seraya mengucapkan: 

"بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهِ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ هَذَا عَنِّي وَعَمَّنْ لَمَّ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِي".

Dengan menyebut nama Allah, Allah Mahabesar. Ya Allah, domba ini adalah kurbanku dan kurban orang-orang dari kalangan umatku yang tidak berkurban. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Abu Daud, dan Imam Turmuzi.

Doa penyembelihan qurban lainnya sesuai sunnah yakni:

"وجهت وجهي للذي فطر السموات وَالْأَرْضَ حَنِيفًا مُسْلِمًا، وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. لَا شَرِيكَ لَهُ، وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ، وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ، وَعَنْ مُحَمَّدٍ وأمته"

Aku hadapkan wajahku kepada Tuhan Yang menciptakan langit dan bumi dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah bagi Allah Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi­Nya, dan dengan demikianlah aku diperintahkan, dan aku adalah orang yang mula-mula berserah diri (kepada-Nya). Ya Allah, kurban ini dari Engkau, ditujukan kepada Engkau, dari Muhammad dan umatnya.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News