Hikmah

Kisah Imam at Tirmidzi Berkelana Mencari Ilmu hingga Jadi Ulama Hadits

Kastolani Marzuki ยท Minggu, 20 Februari 2022 - 14:46 WIB
Kisah Imam at Tirmidzi Berkelana Mencari Ilmu hingga Jadi Ulama Hadits
Kisah Imam at Tirmidzi berkelana mencari ilmu hingga menjadi ulama hadits yang mumpuni di zamannya. (Foto: ist)

Imam at Tirmidzi Wafat

Dalam kondisi inilah, Imam Tirmidzi meninggal dunia, ia wafat di kota Tirmiz tanggal 13 Rajab 279 H pada usia 70 tahun.2 Di kemudian hari, kumpulan Hadis dan ilmu-ilmunya dipelari dan diriwayatkan oleh banyak ulama, di antaranya; Makhul ibnul-Fadl, Muhammad bin Mahmud bin Anbar, Hammad bin Syakir, Abd bin Muhammad An-Nasfiyyun, Al-Haisam bin Kulaib Asy-Syasyi, Ahmad bin Yusuf An-Nasafi, Abul-Abbas Muhammad bin Mahmud Al-Mahbubi, yang meriwayatkan kitab Al-Jami’ dari padanya, dan lain-lain. 

Mereka ini pula murid-murid Imam Tirmidzi. Banyak kalangan ulama dan ahli Hadis mengakui kekuatan dan kelebihan dalam diri Imam Tirmidzi. Selain itu, kesalehan dan ketakwaannya pun tak dapat diragukan lagi. 

Salah satu ulama itu, Ibnu Hibban Al-Busti, pakar Hadits, mengakui kemampuan Tirmidzi dalam menghafal, menghimpun, menyusun, dan meneliti Hadits, sehingga menjadikan dirinya sumber pengambilan Hadis para ulama terkenal, termasuk Imam Bukhari.

Imam Tirmidzi menitipkan ilmunya di dalam hasil karya beliau, diantara buku-buku beliau ada yang sampai kepada kita dan ada juga yang tidak sampai. 

Hasil Karya Imam at Tirmidzi

Imam at Tirmidzi memiliki karya monumental yakni Kitab Al-Jami’ atau biasa dikenal dengan kitab jami’ Timidzi yang mejadi salah satu rujukan penting berkaitan masalah hadits dan ilmunya, serta termasuk dalam Kutubus Sittah (enam kitab pokok di bidang Hadis) dan ensiklopedia Hadis terkenal. 

Di antara hasil karya Imam at Tirmidzi adalah: 

1. Kitab Al Jami’, terkenal dengan sebutan Sunan at Tirmidzi. 

2. Kitab Al ‘Ilal 

3. Kitab Asy Syama’il an Nabawiyyah 

4. Kitab Tasmiyyatu ashhabi rasulillah shallallahu’alaihi wa sallam. 

5. Kitab At-Tarikh. 

6. Kitab Az Zuhd

Demikian Kisah Imam at Tirmidzi yang berkenala mencari ilmu


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News