Kisah Uwais Al Qarni yang Menggendong Ibunya Naik Haji dari Yaman ke Mekkah

Kastolani Marzuki ยท Kamis, 01 Juni 2023 - 08:05 WIB
Kisah Uwais Al Qarni yang Menggendong Ibunya Naik Haji dari Yaman ke Mekkah
Kisah Uwais Al Qarni menggendong ibunya naik haji dari Yaman ke Mekkah yang penuh hikmah dan keteladanan. (Foto: Freepik/Ilustrasi)

Mendengar permintaan dari ibunya tersebut, Uwais Al Qarni mulai memikirkan caranya. Jalan satu-satunya yakni menggendong ibunya dari kota kelahirannya Al Qarn, Yaman meski harus menempuh jarak yang sangat jauh perjalanan menuju ke Mekkah (Yaman ke Mekkah kira-kira 1.119 Km). 

Uwais pun menggendong ibunya berjalan dari Yaman menuju ke Makkah. Ketika Wukuf pun Uwais dengan tegap dan gagah, ia tetap menggendong ibunya melaksanakan wukuf di Ka’bah. Melihat perjungan anaknya tersebut, ibunya pun terharu dan bercucuran air mata bahagia telah melihat Baitullah sebelum ia meninggal.

Di hadapan Ka’bah, Uwais berdo’a “ Ya Allah, Ampunilah semua dosa ibuku,” ibunya pun bertanya .” Lalu bagaimana dengan dosamu?”, Lalu uwais menjawab “Dengan terampuninya dosa ibu, maka ibu akan masuk surga. Cukuplah ridha dari ibu yang akan membawaku ke surga.”

Hikmah Kisah Uwais Al Qarni

Uwais al-Qarni sosok pribadi yang sangat sederhana. Hidupnya tidak bergelimang dengan harta. Ujian hidup yang dialami diterima dengan ikhlas dengan tetap tidak meninggalkan usaha dan kerja keras untuk keluar dari ujian itu. Termasuk ketika diuji penyakit kusta oleh Allah swt. 

Uwais al-Qarni juga figur yang sangat hormat dan taat kepada ibunya. Sebagian hidupnya digunakan untuk merawat dan mendampingi ibu yang sangat disayangi.

Itulah kisah Uwais Al Qarni yang menggendong ibunya naik haji dari Yaman ke Mekkah yang sarat hikmah.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News