Puasa di Belantara Kalimantan, Perwira Kopassus Ini Temukan Surat Rahasia Komunis

Riezky Maulana · Senin, 19 April 2021 - 20:30 WIB
Puasa di Belantara Kalimantan, Perwira Kopassus Ini Temukan Surat Rahasia Komunis
Mendiang Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (kanan) bersama AM Hendropriyono (tengah) dan Luhut Binsar Pandjaitan semasa muda. (Foto: IG/AM Hendropriyono).

Wismoyo, kata Hendro, dengan pasukannya bergerak ratusan kilometer jalan kaki di tengah hutan rimba, yang pada waktu itu bahkan ketika siang hari kita tidak bisa melihat matahari karena tertutup oleh pohon yang besar. 

“Pak Wismoyo jalan kaki dalam keadaan puasa. Karena itu aneh dia bisa menemukan satu tempat yang digali kemudian ditemukan surat. Karena itu bisa terbongkar komunikasi antar satuan PGRS-Paraku. Itu komunikasi pasukan klandestin, awalnya dari penemuan Kapten Wismoyo Arismunandar,” ujarnya.

Hendro mengatakan, saat Wismoyo sudah kembali ke Jakarta, gilirian dirinya berangkat dalam operasi di Kalbar tersebut bersama Sintong Panjaitan, teman satu angkatan Wismoyo di Akademi Militer 1963.

 “Saya menjadi Kepala Seksi Intelijen, saya tinggal melanjutkan membuka Death Letter Box yang lain, tapi awal dari pembongkaran adalah penemuan Pak Wismoyo,” ujar Hendro.


Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews di Google News