Sejarah Masjidil Aqsa Menurut Islam, Ini Nabi yang Pertama Kali Membangunnya

Kastolani Marzuki · Kamis, 02 November 2023 - 05:30 WIB
Sejarah Masjidil Aqsa Menurut Islam, Ini Nabi yang Pertama Kali Membangunnya
Masjidil Aqsa yang berada di palestina merupakan tempat suci kedua bagi umat Islam. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Sejarah Masjidil Aqsa menurut Islam menarik diulas. Masjidil Aqsa yang berada di Negara Palestina namun kini dikuasai Israel merupakan tempat suci kedua bagi umat Islam.

Masjid tersebut juga sangat istimewa setelah Masjidil Haram, Mekkah. Kenapa istimewa? Sebab, Masjid al-Aqsha merupakan masjid tertua di dunia setelah Masjid al-Haram. Dibangun pertama kali oleh Nabi Adam ‘alaihis salam empat puluh tahun setelah beliau membangun Masjid al-Haram. 

Masjid al-Aqsha yang berada di kota Baitul Maqdis, Palestina pernah menjadi kiblat shalat selama tujuh belas bulan setelah Rasulullah shallallahu ‘alaih wasallam berhijrah dari Makkah ke Madinah.  

Masjidil Aqsa juga merupakan masjid kedua yang disinggahi Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra Mikraj.

Peristiwa itu diabadikan dalam Alquran, Surat Al-Isra ayat 1. Allah SWT berfirman:

‎سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al-Isrā' [17]:1).

Sejarah Masjidil Aqsa Menurut Islam

Dilansir dari laman kemenag, Masjid Al-Aqsha adalah masjid kedua yang dibangun di muka bumi setelah Masjidil Haram, Mekkah. Keyakinan sebagian besar ulama mengatakan bahwa Masjidil Aqsa dibangun oleh Nabi Adam alaihisalam dalam jangka 40 tahun setelah dibangunnya Masjidil haram.

Dalam shahih Muslim dari Hadis Abu Zar Alghifari RA ia berkata: “Aku berkata ya Rasulullah masjid apa yang pertama dibangun? Rasul menjawab: Masjid Al-haram: aku bertanya kemudian apa: Ia menjawab Masjid Al-Aqsha, aku bertanya: berapa jarak antara keduanya” ia menjawab empa puluh tahun dan dimanapun engkau dapatkan shalat maka shalatlah, itu adalah masjid.”

Ibnu Hisham dalam kitab “Atijan fi Muluk Hamir” jilid 1/22 cetakan pertama, percetakan Markaz Addirasat wal Abhats Yamaniyah, th 1347 H “Adam setelah membangun Ka’bah kemudian Allah perintahkan ia untuk berjalan ke Baitul Maqdis dan jibril menunjukkan cara membangun Baitul Maqdis maka ia membangunnya dan beribadah di sana”

Sebagaimana ia melaksanakan pembangunan dan meramaikan Masjid Al-Haram demikian juga dengan masjid Al-Aqsha yang mulia, Nabi Ibrahim AS menta’mir masjid Al-Aqsha sekitar tahun 2000 SM, kemudian tugas itu dilanjutkan oleh anak-anaknya Ishak, Ya’qub AS setelahnya, sebagaimana Sulaiman mengikutinya kemudian pembangunannya sekitar tahun 1000 SM.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News