Hikmah

Sholawat Khusus Hari Jumat, Dibaca 80 Kali setelah Ashar agar Dosa Diampuni

Kastolani Marzuki · Kamis, 15 Juli 2021 - 18:55 WIB
Sholawat Khusus Hari Jumat, Dibaca 80 Kali setelah Ashar agar Dosa Diampuni
Muslim dianjurkan banyak membaca sholawat khusus hari Jumat. (Foto: ist)

Dikutip dari bincangsyariah, Shalawat Ummi ini berdasarkan riwayat hadis yang bersumber dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

من صلى صلاة العصر من يوم الجمعة فقال قبل أن يقوم من مكانه اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آله وسلم تسليماً ثمانين مرة غفرت له ذنوب ثمانين عاماً وكتبت له عبادة ثمانين سنة

Barangsiapa shalat Ashar pada hari Jumat, kemudian sebelum berdiri dari tempatnya membaca ‘Allohumma sholli ‘ala muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala aalihii wa shohbihii wa sallim tasliiman’ sebanyak delapan puluh kali, maka dosanya diampuni sebanyak delapan puluh tahun dan dicatat sebagai ibadah delapan puluh tahun.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk memperbanyak bersholawat pada hari Jumat. Diriwayatkan dari Abu Darda bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"أَكْثِرُوا عليَّ مِنَ الصَّلَاةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَإِنَّهُ يَوْمٌ مَشْهُودٌ، تَشْهَدُهُ الْمَلَائِكَةُ"

Artinya: Perbanyaklah membaca salawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya hari Jumat itu adalah hari yang disaksikan oleh para malaikat".

Disebutkan dalam tafsir Ibnu Katsir bahwa yang menyaksikan adalah Allah dan yang disaksikan adalah kita semua. Demikianlah menurut apa yang diriwayatkan oleh Al-Bagawi. Kebanyakan ulama mengatakan bahwa yang menyaksikan adalah hari Jumat dan yang disaksikan adalah hari 'Arafah.

Kemudian Ibnu Jarir mengatakan:

 عَنْ سَعِيدِ بْنِ المسَيَّب أَنَّهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ سَيِّدَ الْأَيَّامِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، وَهُوَ الشاهدُ، وَالْمَشْهُودُ يَوْمُ عَرَفَةَ"

Dari Sa'id ibnul Musayyab yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Sesungguhnya penghulu hari itu adalah hari Jumat, yaitu hari yang menyaksikan, sedangkan hari yang disaksikan adalah hari Arafah.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News