Hikmah

Surat Al Qur'an yang Sunnah Dibaca Imam pada Sholat Idul Fitri Sesuai Hadits

Kastolani Marzuki ยท Kamis, 13 Mei 2021 - 04:30 WIB
Surat Al Qur'an yang Sunnah Dibaca Imam pada Sholat Idul Fitri Sesuai Hadits
Bacaan surat Al Qur'an yang disunnahkan dalam sholat idul fitri yakni Surat Al A'la dan Al Ghasyiyah. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sholat idul fitri merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan pada hari raya idul fitri, tepatnya pada tanggal 1 Syawal. Sholat Sunnah ini dikerjakan selepas terbit matahari hingga tergelincirnya waktu dzuhur tiba.

Sholat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syi'ar keagamaan (syi'ar min sya'air al-Islam).

Shalat Idul Fitri disunnahkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, sedang di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri.

Shalat Idul Fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala dan tempat lainnya.

Secara umum, tata cara dan bacaan sholat idul fitri tidak jauh beda dengan sholat pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah kesunahan membaca takbir, tasbih, tahmid serta surat-surat khususnya.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan, Rasulullah SAW selalu membaca Surat Al A'la setelah Surat Al Fatihah pada rakaat pertama dalam shalat Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Sedangkan pada rakaat kedua selepas Al Fatihah, Rasulullah SAW membaca Surat Al Ghasyiyah.

Diriwayatkan An-Numan ibnu Basyir yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW acapkali membaca surat Al-Ala dan surat Al-Ghasyiyah dalam shalat hari raya dan shalat Jumat.

Surat Al A'la artinya Yang Paling Tinggi, termasuk surah Makkiyah, 19 ayat turun sesudah Surat At-Takwir. Surat Al-Ala ini adalah surat Makkiyyah.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News