Hikmah

Tembok Yakjuj dan Makjuj Terbuat dari Apa? Ini Penjelasan Al Quran

Kastolani Marzuki · Sabtu, 22 Juli 2023 - 06:30 WIB
Tembok Yakjuj dan Makjuj Terbuat dari Apa? Ini Penjelasan Al Quran
Tembok Yakjuj dan Makjuj dibuat Zulkarnain, hamba Allah yang saleh. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Tembok Yakjuj dan Makjuj terbuat dari apa dijelaskan gamblang dalam Al Quran, Surat Al Kahfi ayat 94-96

Yakjuj dan Makjuj merupakan makhluk sebangsa manusia yang dikurung di balik tembok. Wujud Yakjuj dan Makjuj sebagaimana disebutkan dalam Al Quran dan Hadits, antara lain bermuka lebar, bermata sipit, jambul rambutnya berwarna putih, bentuk wajah mereka seperti tembikar.

Mereka akan muncul setelah menjebol tembok tersebut. Kemunculan Yakjuj dan Makjuj merupakan salah satu huru-hara pertanda dekatnya Hari Kiamat

Kisah Yakjuj dan Makjuj ini disebutkan dalam Al Quran, yakni Surat al Kahfi ayat 83-106 dan Surat al Anbiya ayat 95-98. Kisah Ya’juj dan Ma’juj berhubungan dengan Zulkarnain, di mana Zulkarnain adalah hamba Allah yang Shaleh yang sering melakukan perjalanan dari Timur ke Barat. Dinamakan Zulkarnain karena kedua pada kepalanya menggunakan penutup dari tembaga dan membentuk seperti dua tanduk. 

Tembok Yakjuj dan Makjuj Terbuat dari Apa

Dalam Al Quran, Surat Al Kahfi ayat 94-96 dijelaskan mengenai tembok Yakjuj dan Makjuj. Tembok tersebut dibuat Zulkarnain, hamba Allah yang saleh terbuat dari potong-potongan besi dan campuran tembaga yang dipanaskan hingga lumer.

Allah SWT berfirman:

قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الأرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَى أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا (94) قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا (95) آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا حَتَّى إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا (96)

Artinya:  Mereka berkata, "Hai Zulqarnain, sesungguhnya Ya-juj dan Ma-juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi; maka dapatkah kami memberikan suatu upeti kepadamu, supaya kamu membuat dinding (pemisah) antara kami dan mereka?” Zulqarnain berkata, "Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya ialah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat) agar aku membuatkan dinding antara kalian dan mereka, berilah aku potongan-potongan besi.” Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Zulqarnain, "Tiuplah (api itu). Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, "Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu". (QS. Al Kahfi: 94-96).

Mujahid dan Qatadah sebagaiman disebutkan dalam Tafsir Ibnu Katsir, potongan besi itu akan dijadikan sebagai batanya. Menurut suatu riwayat, berat setiap potongan besinya adalah satu kuintal Damaskus atau lebih.

Setelah potongan-potongan besi itu disusun mulai dari pondasinya, hingga ketinggiannya sama rata dengan puncak kedua bukit seraya menutup celah yang ada di antara keduanya; para ulama berbeda pendapat tentang tinggi dan lebar dinding tersebut, banyak pendapat mengenainya di kalangan mereka.

Yakjuj dan Makjuj ditinggalkan di balik tembok penghalang yang dibangun oleh Zulkarnain di balik dua gunung wilayah Turki.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News