Hikmah

Tembok Yakjuj dan Makjuj Terbuat dari Apa? Ini Penjelasan Al Quran

Kastolani Marzuki ยท Sabtu, 22 Juli 2023 - 06:30 WIB
Tembok Yakjuj dan Makjuj Terbuat dari Apa? Ini Penjelasan Al Quran
Tembok Yakjuj dan Makjuj dibuat Zulkarnain, hamba Allah yang saleh. (Foto: ist)

Bila malam tiba, Allah menjadikan lisan seseorang dari mereka mengatakan, "Kita akan ulangi lagi galian ini besok, insya Allah." 

Pada keesokan harinya mereka datang, dan ternyata mereka menjumpainya dalam keadaan seperti mereka tinggalkan kemarin (berkat perkataan insya Allah mereka) Mereka meneruskan pekerjaannya sehingga tembok itu dapat mereka jebol, dan mereka keluar dari tembok itu. 

Gelombang pertama dari mereka melewati sebuah danau, maka mereka meminum air danau itu sampai kering. Kemudian gelombang kedua keluar, lalu mereka menjilati lumpur danau itu. 

Gelombang ketiga keluar dan melewati tempat danau itu, lalu mereka berkata, "Dahulu di sini pernah ada airnya." Manusia lari dari mereka, tiada sesuatu pun yang dapat menahan serbuan mereka.

Kemudian mereka (Ya-juj dan Ma-juj) mengarahkan anak panahnya ke langit, lalu melepaskannya dan anak-anak panah mereka kembali ke bumi dalam keadaan berlumuran darah. Mereka berkata, "Kita telah kalahkan penduduk bumi dan penduduk langit."

Maka Nabi Isa as mendoakan kebinasaan mereka seraya mengatakan dalam doanya, "Ya Allah, tiada kekuatan dan tiada upaya bagi kami untuk menghadapi mereka, maka lindungilah kami dari mereka dengan apa yang Engkau kehendaki." 

Lalu Allah menimpakan kepada mereka wabah penyakit ulat yang dikenal dengan nama 'ulat penyakit unta'. Wabah itu menggerogoti tengkuk mereka hingga mereka binasa semuanya. Lalu Allah mengirimkan burung-burung yang membawa bangkai mereka dengan paruh dan cakarnya, kemudian melemparkan mereka ke laut.

Setelah itu Allah mengirimkan hujan yang diberi nama 'hujan kehidupan'. Dengan hujan itu Allah membersihkan bumi dan menjadikannya mengeluarkan tetumbuhannya kembali, sehingga satu buah delima dapat mengenyangkan seisi rumah.

Demikian ulasan Tembok Yakjuj dan Makjuj Terbuat dari Apa dalam Al Quran. Semoga kisah Yakjuj dan Makjuj bisa memperkuat keimanan kita kepada Allah dan dihindarkan dari fitnah mereka di hari kiamat.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News