10 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri, Nomor 4 Dilarang Puasa

Kastolani Marzuki · Selasa, 09 April 2024 - 10:20 WIB
10 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri, Nomor 4 Dilarang Puasa
Ilustrasi amalan sunnah sebelum melaksanakan sholat idul Fitri. (Foto: Dok.MPI)

4. Makan Sebelum Shalat

Disunnahkan untuk makan pagi atau sarapan terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat Idul Fithri. Dasarnya adalah hadits berikut ini :

عَنْ أَنَسٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ  لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ

Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

عَنْ بُرَيْدَةَ قال: كَانَ النَّبِيُّ  لاَ يَخْرُجُ يَوْمَ الفِطْرِ حَتَّى يَطْعَمَ وَيَوْمَ النَّحْرِ لاَ يَأْكُلُ حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ نَسِيكَتِهِ

Dari Buraidah -radliyallahu’anhu- berkata, “Nabi shallallahu’alaihi wa sallam tidak keluar pada Idul Fithri hingga makan terlebih dahulu. Adapun pada Idul Adha beliau tidak makan hingga pulang dari makan dari daging kurban sembelihannya.

Ilustrasi makan sebelum sholat Idul Fitri merupakan amalan sunnah. (Foto: Freepik)
Ilustrasi makan sebelum sholat Idul Fitri merupakan amalan sunnah. (Foto: Freepik)

5. Bertakbir

Disunnahkan buat orang yang melaksanakan shalat Idul Fithri dan Idul Adha untuk bertakbir. Masyru'iyahnya ada pada Al-Quran Al-Karim.

Selain itu juga ada masyru'iyah dari sunnah nabawiyah :

كَانَ النَّاسُ يُكَبِّرُونَ فيِ العِيْدِ حِينَ يَخْرُجُونَ مِنْ مَنَازِلِهمْ حَتَّى يَأْتُوا المـُصَلِّى وَحَتَّى يَخْرُجُ الإِمَامُ فَإِذَا خَرَجَ الإِماَمُ سَكَتُوا فَإِذَا كَبَّرَ كَبِّرُوا

Dahulu orang-orang bertakbir di hari raya ketika mereka keluar dari rumah-rumah mereka hingga sampai di tempat shalat, sampai imam keluar, maka mereka pun diam. Bila imam bertakbir maka mereka pun bertakbir.

6. Sholat Idul Fitri

Amalan sunnah selanjutnya yakni melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah. 

Rasulullah menunaikan shalat Idul Fitri bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabatnya, baik laki-laki, perempuan, atau pun anak-anak. Rasulullah memilih rute jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang dari tempat dilangsungkannya shalat Idul Fitri.

Ilustrasi sholat idul fitri salah satu amalan sunnah di Hari Raya.
Ilustrasi sholat idul fitri salah satu amalan sunnah di Hari Raya.

Rasulullah juga mengakhirkan pelaksanaan shalat Idul Fitri, biasanya pada saat matahari sudah setinggi tombak atau sekitar dua meter. Hal ini dimaksudkan agar umat Islam memiliki waktu yang cukup untuk menunaikan zakat fitrah.

7. Mendatangi tempat keramaian

Suatu ketika saat hari raya Idul Fitri, Rasulullah menemani Aisyah mendatangi sebuah pertunjukan atraksi tombak dan tameng. Bahkan saking asyiknya, sebagaimana hadist riwayat Ahmad, Bukhari dan Muslim, Aisyah sampai menjengukkan (memunculkan) kepala di atas bahu Rasulullah sehingga dia bisa menyaksikan permainan itu dari atas bahu Rasulullah dengan puas.

8. Beda Jalan Pergi dan Pulang

Disunnahkan untuk mengambil rute yang berbeda antara jalan pergi dan pulangnya. Hal ini bertujuan agar bisa bertemu banyak orang dan menaambah syiar agama.

9. Bertahniah

Disunnahkan untuk bertahniah pada hari Raya Fithri dan Adha, karena keduanya merupakan hari yang dirayakan.

10. Wanita Haid Tetap ke Lokasi Shalat Idul Adha.

Amalan sunnah yang satu ini sesuai dengan hadits riwayat Bukhari yang berbunyi:

Dari Ummi 'Athiyah katanya: "Kami diperintahkan pergi shalat hari Raya, bahkan anak-anak gadis keluar dari pingitannya. Juga perempuan-perempuan yang sedang haid (datang bulan) tetapi mereka hanya berdiri saja di belakang orang banyak, dan turut takbir dan berdoa bersama sama dan mereka mengharapkan keberkahan dan kesucian hari itu.

Demikian ulasan 10 amalan sunnah sebelum Sholat Idul Fitri untuk muslim amalkan agar mendapat keutamaan.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News