Alquran Tulisan Tangan Berusia 2 Abad, Jejak Sejarah Penyebaran Islam Di Lereng Gunung Lawu

Bramantyo ยท Senin, 19 April 2021 - 22:40 WIB
Alquran Tulisan Tangan Berusia 2 Abad, Jejak Sejarah Penyebaran Islam Di Lereng Gunung Lawu
Alquran yang ditulis langsung oleh Syekh Hasan Tafsir ulama yang berperan mengembangkan agama Islam di kawasan lereng Gunung Lawu. Foto: Okezone/Bramantyo.

Matesih itu sendiri dulunya masih berwujud hutan belantara. Penduduknya kala itu masih didominasi penganut agama Hindu. Lewat sentuhan dan kesabarannya dalam berdakwah, Hasan Tafsir berlahan mampu menyebarkan agama Islam. Saat menetap, ulama ini mendirikan sebuah masjid di Dusun Sintru. 

Masjid Nurul Huda, didirikan untuk menarik perhatian warga sekitar agar mau datang belajar agama serta menjalankan ibadah salat lima waktu. Awalnya masjid didirikan tidak jauh dari makam Hasan tafsir. Namun dengan berjalannya waktu, masjid mengalami perpindahan sebanyak tiga kali dari tempat awalnya.

Meskipun sudah mengalami perpindahan, namun bentuk masjid itu tidak pernah berubah hingga sekarang. Hanya bedanya dulu berupa dinding bambu, namun sekarang sudah diganti dengan semen.

"Masjid sudah tiga kali dipindah. Soalnya jumlah jamaahnya terus bertambah,sehingga membutuhkan lokasi yang lebar,"kata Sulaiman, Senin (19/4/2021).

Upaya mendirikan masjid yang dilakukan cukup berhasil. Sehingga mampu membawa masyarakat bersedia masuk dan menjalankan ibadah sesuai ajaran agama Islam. Lama-kelamaan, jumlah orang yang mengaji semakin banyak. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNews di Google News