Hikmah

Apa Itu Syiah? Berikut Pengertian, Sejarah dan Aliran-Alirannya

Kastolani Marzuki ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 15:56 WIB
Apa Itu Syiah? Berikut Pengertian, Sejarah dan Aliran-Alirannya
Kaum Syiah di Iran memeringati tragedi Karbala yakni terbunuhnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra. (Foto: AFP)

Aliran dalam Syiah

Syiah menurut Shihab dengan mengutip pendapat Al-Baghdadi (wafat 429 H) pengarang kitab al-farqu baina al-firaq, membagi Syiah dalam empat kelompok besar yaitu Zaidiyah, Ismailiyah, Isna ‘Asyarirah, Ghulat (ekstremis). Munculnya berbagai macam golongan Syiah disebabkan oleh karena pebedaan prinsip keyakinan dan berbedaan dalam hal pergantian Imam, yaitu sesudah Imam al-Husein, Imam ketiga, sesudah Ali Zaenal Abidin, imam keempat dan sesudah Ja’far Sadiq, Imam keenam (Shihab, 2007: 66).

Syiah adalah paham keagamaan yang menyandarkan pada pendapat Sayidina Ali (khalifah ke empat) dan keturunannya yang muncul sejak awal pemerintahan Khulafaurrasyidin. Syiah berkembang menjadi puluhan aliranaliran karena perbedaan paham dan perbedaan dalam mengangkat Imam.

Perkembangan syiah di Indonesia melalui empat tahap gelombang, yaitu: Pertama, bersamaan dengan masuknya Islam di Indonesia; Kedua, pasca revolusi Islam Iran; Ketiga, Melaui Intelektual Islam Indonesia yang belajar di Iran; dan Empat, Tahap keterbukaan melaui Pendirian Organisasi Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News