Cara Sujud Sahwi Sebelum Salam Dalam Shalat Lengkap dengan Bacaan Arab dan Artinya

Kastolani Marzuki · Rabu, 28 September 2022 - 17:43 WIB
Cara Sujud Sahwi Sebelum Salam Dalam Shalat Lengkap dengan Bacaan Arab dan Artinya
Cara Sujud Sahwi sebelum salam dalam shalat ketika lupa mengerjakan salah satu rukun.(Foto: Pexels)

Sebab dilaksanakannya sujud sahwi adalah sebagai berikut.
1. Ragu jumlah rakaat yang dikerjakan.
2. Rakaat yang dikerjakan kurang.
3. Rakaat yang dikerjakan berlebih.
4. Lupa tahiyat awal.

Sujud sahwi bisa dilakukan sebelum maupun sesudah salam. Sujud Sahwi dilakukan sebelum salam apabila munculnya keraguan terjadi sebelum salam. 

Dalam situasi seperti ini, seseorang yang shalat melaksanakan dua kali sujud terlebih dahulu, sebelum salam. Sujud sahwi dilakukan setelah salam apabila munculnya keraguan atau datangnya informasi tentang kekurangan atau kelebihan rakaat salat diperoleh setelah salat selesai. 

Dalam keadaan seperti ini, shalat tidak perlu diulang. Cukup menggenapi rakaat salat yang kurang, lalu melakukan dua kali sujud sebelum salam. Jika kasusnya terjadi karena kelebihan rakaat, cukup bertakbir kemudian sujud dua kali dan diakhiri salam. 

Baik sebelum maupun sesudah salam, sujud sahwi diawali dengan bacaan takbir, diiringi gerakan sujud, bangkit duduk iftirasy di antara dua sujud, sujud kedua, bangkit dari sujud dalam keadaan duduk tawarru‘, dan diakhiri dengan salam. 

Bacaan Sujud Sahwi

Bacaan sujud sahwi, menurut sebagian pendapat sama dengan bacaan sujud yang dibaca dalam salat. Namun ada sebagian pandangan yang berpendapat ada bacaan yang dianjurkan pada saat sujud sahwi. 

سبحان ربي الأعلى

Subhaana rabbiyal a'la

Mahasuci Allah Yang Mahatinggi

Sedangkan sebagian ulama lainnya menganjurkan untuk membaca lafadz khusus, walau pun tidak ditemukan dalil yang tegas atau valid. Lafadznya adalah:

سبحان من لا ينام ولا يسهو

Subhaana man laa yanaamu waa laa yashuu 

Artinya: Maha suci Allah Tuhan yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa.

Jika dilaksanakan dalam shalat jamaah, makmum wajib mengikuti sujud sahwinya imam. Seandainya ada penyebab yang mengharuskan dilakukannya sujud sahwi, sedang imam tidak melakukannya, makmum tidak boleh melakukan sujud sahwi sendiri. 

Setelah salat selesai, makmum bisa menyampaikan adanya penyebab sujud sahwi kepada imam. Setelah itu baru dilaksanakan sujud sahwi bersama.

Demikian pembahasan mengenai cara sujud sahwi sebelum salam dalam shalat apabila terlupa mengerjakan rukun atau kelebihan rakaat.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News