Contoh Khutbah Jumat yang Bisa Jadi Referensi tentang Keutamaan Sholawat Nabi

Kastolani Marzuki · Kamis, 08 September 2022 - 21:47 WIB
Contoh Khutbah Jumat yang Bisa Jadi Referensi tentang Keutamaan Sholawat Nabi
Khutbah Jumat tentang keutamaan membaca sholawat Nabi. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Contoh khutbah Jumat yang bisa jadi referensi berikut ini membahas tentang keutamaan membaca Sholawat Nabi.

Sholawat merupakan ibadah mulia. Allah dan para malaikat-Nya juga menghaturkan shoalwat kepada Nabi SAW sebagaimana firman-Nya:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan mengenai ayat tersebut bahwa Imam Bukhari mengatakan dari Abul Aliyah telah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan shalawat dari Allah ialah pujian-Nya kepada Nabi SAW di kalangan para malaikat, dan shalawat dari para malaikat ialah doa mereka untuk Nabi SAW. Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yusalluna ialah memberikan keberkahan.

Berikut contoh khutbah Jumat yang bisa jadi referensi tentang keutamaan membaca sholawat Nabi dilansir dari laman nukotakediri:

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Marilah kita memperkuat keimanan kita dengan taqwa, senantiasa berusaha menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan Allah di manapun dan kapanpun kita berada.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Membaca shalawat kepada Nabi memiliki keutamaan yang sangat besar. Orang yang membacanya akan mendapatkan rahmat, kemulian dan ampunan dari Allah subhanahu wata’ala. Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مَرَّةً صَلَّى اللهُ بِهَا عَشْرًا وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا مِائَةً

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah membalasnya dengan rahmat sepuluh kali lipat dan barang siapa bershalawat kepadaku 10 kali maka Allah membalasnya dengan rahmat seratus kali lipat

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً تِلْقَاءَ نَفْسِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرَصَلَوَاتٍ وَحُطَّ عَنْهُ عَشْرُ سَيِّئَاتٍ وَرُفِعَ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barang siapa yang bershalawat kepadaku dengan kemauannya sendiri satu kali maka Allah akan membalasnya dengan pemberian rahmat 10 kali lipat dan menghapus 10 keburukannya dan mengangkat derajatnya 10 kali lipat”.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News