Makna Idul Fitri Menurut Al-Quran dan Pengertiannya, Muslim Wajib Tahu

Kastolani Marzuki · Rabu, 10 April 2024 - 13:30 WIB
Makna Idul Fitri Menurut Al-Quran dan Pengertiannya, Muslim Wajib Tahu
Ilustrasi makna Idul Fitri dalam Alquran yang diidentikan dengan kembai kepada kesucian diri,. (Foto: Freepik)

Makna Idul Fitri menurut Al Quran juga disebutkan dalam Surat Al A'la ayat 14-15.

{قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى}

Artinya: Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman). (Al-A’la: 14)

Yakni menyucikan dirinya dari akhlak-akhlak yang rendah dan mengikuti apa yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Rasul-Nya, semoga salawat dan salam terlimpahkan kepadanya.

Firman Allah Swt.:

{وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى}

Artinya: dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia salat. (Al-A'la: 15)

Maknanya yakni, mendirikan salat tepat pada waktunya masing-masing karena mengharapkan rida Allah dan taat kepada perintah-Nya serta merealisasikan syariat-Nya.

Diriwayatkan dari Abu Khaldah yang telah mengatakan, bahwa ia masuk menemui Abul Aliyah, lalu Abul Aliyah mengatakan kepadanya.”Jika besok hari kamu berangkat menuju ke salat hari raya maka mampirlah kepadaku." Kemudian aku (perawi) mampir kepadanya dan ia berkata, "Apakah engkau telah makan sesuatu?." Aku menjawab, "Ya." Ia berkata, "Kalau begitu aku akan menyajikan air minum kepadamu". Aku menjawab, 'Baiklah."

Lalu ia berkata, "Ceritakanlah kepadaku apa yang telah engkau lakukan terhadap zakatmu." Aku menjawab, "Aku telah menyalurkannya." Ia berkata, "Sesungguhnya aku bermaksud menanyakan hal berikut kepadamu," kemudian ia membaca firman-Nya: Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia salat. (Al-A'la: 14-15)

Dari Amirul Mu’minin Umar ibnu Abdul Aziz, bahwa dia selalu menganjurkan orang-orang untuk mengeluarkan zakat fitrah dan membaca firman-Nya: Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri , (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia salat. (Al-A'la: 14-15)

Dari penjelasan Surat Al Baqarah ayat 185 dan Surat Al A'la ayat 14-15 jelas menyebutkan bahwa makna Idul Fitri menurut Al Quran yakni menjadi manusia yang kembali ke fitrahnya dengan pandai bersyukur, banyak berdzikir, mengagungkan asma Allah dan mendirikan shalat serta menunaikan zakat.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News