Hikmah

Tata Cara Makmum Masbuk yang Benar dalam Sholat Berjamaah

Kastolani Marzuki ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 12:33 WIB
Tata Cara Makmum Masbuk yang Benar dalam Sholat Berjamaah
Tata cara makmum masbuk yang benaar dalam sholat berjamaah. (Foto: Freepik)

Berikut tata cara makmum masbuk yang benar:

1. Membaca Takbiratul Ihram

Apabila seorang makmum datang ke masjid atau musala dalam sholat jamaah dan mendapati imam telah dalam shalat, hendaknya dia masuk dalam shalat dengan ber-takbiratul ihram lalu mengikuti imam.

2. Membaca Doa Iftitah

Jika menjumpai imam dalam rakaat shalat siriyyah, makmum masbuk membaca doa iftitah setelah takbiratul ihram. Jika makmum masbuk menjumpai imam dalam rakaat shalat jahriyah, tidak perlu membaca iftitah bersama imam, menurut pendapat yang sahih. 

3. Membaca Al fatihah

Makmum masbuk membaca Surat Al Fatihah jika waktunya masih memungkinkan untuk mengejarnya. Namun, jika tidak memungkinkan  menggantinya saat mengqadha rakaat yang tertinggal. Pada saat mengqadha, ia membaca ta’awudz dan basmalah sebelum membaca Surah Al-Fatihah seperti orang yang shalat munfarid.

Jika makmum masbuk mengikuti imam dalam posisi rukuk, dianggap telah mengikuti rakaat tersebut dan bacaan al fatihahnya sudah ditanggung oleh imam. 

4. Mengikuti Gerakan Imam

Jika menjumpai imam dalam keadaan duduk, makmum masbuk langsung melakukan takbir dan duduk menyesuaikan gerakan imam saat itu.

5. Mengganti Rakaat yang Tertinggal

Setelah imam mengucap salam, makmum masbuk harus berdiri kembali untuk mengganti jumlah rakaat yang tertinggal. Jika menjumpai 2 rakaat dalam shalat dzuhur, ashar maupun isya harus menggantinya dengan 2 rakaat yang tertinggal. Penambahan rakaat ini disesuaikan dengan shalat yang dikerjakan saat itu.

Demikian penjelasan mengenai tata cara makmum masbuk yang benar dalam sholat berjamaah.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News