Ceramah tentang Sabar yang Menyentuh Hati lengkap dengan Hadits dan Keutamaannya

Kastolani Marzuki · Jumat, 30 September 2022 - 15:27 WIB
Ceramah tentang Sabar yang Menyentuh Hati lengkap dengan Hadits dan Keutamaannya
Ceramah tentang sabar beserta hadits dan keutamaannya.

Sebagai Muslim, jika tertimpa musibah dianjurkan untuk bersabar menerimanya dan membaca istirja yakni Innalillahi wa innaailaihi rajiuun.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:"Innaa lillahi wa innaa ilaihi raajiuun". (QS. Al Baqarah: 156).

Ibnu Katsir menerangkan, Allah Swt memberitahukan bahwa Dia pasti menimpakan cobaan kepada hamba-hamba-Nya, yakni melatih dan menguji mereka. Seperti yang disebutkan di dalam firman lainnya, yaitu: Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui (supaya nyata) orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kalian.

Selain sabar dalam menghadapi musibah, bentuk sabar lainnya yaitu sabar dalam meninggalkan hal-hal yang diharamkan dan dosa-dosa, serta sabar dalam mengerjakan ketaatan dan amal-amal taqarrub. Jenis yang kedua inilah yang lebih utama, mengingat ia adalah tujuan utama. 

Adapun jenis sabar lainnya yaitu sabar dalam menanggung berbagai macam musibah dan cobaan, jenis ini pun hukumnya wajib; perihalnya sama dengan istigfar (memohon ampun) dari segala macam cela.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News