Ceramah tentang Sabar yang Menyentuh Hati lengkap dengan Hadits dan Keutamaannya

Kastolani Marzuki · Jumat, 30 September 2022 - 15:27 WIB
Ceramah tentang Sabar yang Menyentuh Hati lengkap dengan Hadits dan Keutamaannya
Ceramah tentang sabar beserta hadits dan keutamaannya.

Rasulullah Saw bersabda: "Sabar itu ada empat : sabar dalam menjalankan fardhu, sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia dan sabar dalam kefakiran. Sabar dalam menjalankan kewajiban adalah taufik, sabar dalam menghadapi musibah berpahala, sabar dalam menghadapi gangguan manusia adalah cinta dan sabar dalam kefakiran adalah ridlo Allah ta'ala."

Sabar dalam menghadapi godaan maksiat salah satunya dengan menjalankan shalat secara khusyu.

Allah SWT berfirman:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya: Dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu," (QS. Surat Al Baqarah:45)

Ibnu Katsir menjelaskan Pengertian sabar menurut suatu pendapat yang dimaksud adalah puasa, menurut apa yang di-nas-kan oleh Mujahid. Al-Qurtubi dan lain-lainnya mengatakan, karena itulah maka bulan Ramadan dinamakan "bulan sabar", 

Menurut pendapat lain, yang dimaksud dengan sabar ialah menahan diri terhadap perbuatan-perbuatan maksiat. Karena itu, dalam ayat ini dibarengi dengan menunaikan amal-amal ibadah; dan amal ibadah yang paling tinggi ialah salat.

Sabar mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur atas segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News