Kisah Isra Mi'raj Lengkap, Perjalanan Nabi Muhammad ke Langit 7 hingga Perintah Sholat

Kastolani Marzuki ยท Selasa, 06 Februari 2024 - 06:35 WIB
Kisah Isra Mi'raj Lengkap, Perjalanan Nabi Muhammad ke Langit 7 hingga Perintah Sholat
Ilustrasi Kisah Isra Mi'raj perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh untuk mendapat perintah shalat 5 waktu. (Foto: Freepik)

Dalam perjalanan menuju sidrotil munthaha Nabi Muhammad SAW dan Malikat Jibril singgah di tujuh lapis langit yaitu :

1. Langit pertama, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Adam
2. Langit kedua, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Yahya dan Nabi Ishaq
3. Langit ketiga, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Yusuf
4. Langit keempat, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Idris
5. Langit kelima, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Harun
6. Langit keenam, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Musa
7. Langit ketujuh, Rasulullah Saw. bertemu dengan Nabi Ibrahim

Setelah melewati ke tujuh lapis langit tersebut Rasulullah Saw. diajak ke Baitul Makmur tempat para malaikat melaksanakan thawaf. 

Perintah Sholat 5 Waktu

Kemudian Rasulullah Saw naik menuju sidratil munthaha dan dalam perjalanan ini malaikat Jibril tidak ikut serta. Kemudian Nabi Muhammad SAW berjumpa dengan Allah Swt, dalam pertemuan tersebut Allah Swt memerintahkan kepada Nabi Muhammad Saw untuk melaksanakan shalat sebanyak 50 waktu setiap hari.

Setelah itu, Nabi SAW turun hingga ke tempat Nabi Musa di langit keenam. Nabi Musa kemudian bertanya kepada Nabi SAW, 'Apakah yang diwajibkan oleh Rabbmu atas umatmu?' Nabi SAW menjawab, "50 kali salat untuk setiap harinya.' Nabi Musa berkata, 'Kembalilah kepada Rabbmu, lalu mintalah keringanan dari-Nya karena sesungguhnya umatmu niscaya tidak akan kuat melaksanakannya; aku telah mencoba Bani Israel dan telah menguji mereka.'

Rasulullah saw kemudian kembali menemui Allah SWT dan  memohon keringanan, 'Wahai Rabbku, ringankanlah buat umatku.' Maka Allah meringankan 5 waktu kepadaku.

Lalu, Nabi SAW kembali menemui Nabi Musa dan dia bertanya, 'Apakah yang telah kamu lakukan?' Nabi SAW menjawab, 'Allah telah meringankan lima waktu kepadaku.' Nabi Musa bertanya, 'Sesungguhnya umatmu niscaya tidak akan kuat melakukan hal tersebut, maka kembalilah lagi kepada Rabbmu dan mintalah keringanan buat umatmu kepada-Nya.' 

Rasulullah SAW diceritakan dalam hadits sampai 9 kali bolak-balik menemui Allah SWT untuk meminta keringanan shalat. Hingga akhirnya Allah berfirman, 'Hai Muhammad, salat lima waktu itu untuk tiap sehari semalam; pada setiap salat berpahala sepuluh salat, maka itulah lima puluh kali salat. Dan barang siapa yang berniat untuk melakukan kebaikan, kemudian ternyata ia tidak melakukannya dituliskan untuknya pahala satu kebaikan. Dan jika ternyata ia melakukannya, dituliskan baginva pahala sepuluh kali kebaikan.

Dan barang siapa yang berniat melakukan keburukan, lalu ia tidak mengerjakannya maka tidak dituliskan dosanya. Dan jika ia mengerjakannya maka dituliskan baginva dosa satu keburukan.'

Setelah itu, Nabi SAW kembali menemui Nabi Musa, lalu aku ceritakan hal itu kepadanya. Nabi Musa kembali berkata, 'Kembalilah kepada Rabbmu, lalu mintalah kepada-Nya keringanan buat umatmu, karena sesungguhnya umatmu tidak akan kuat melaksanakannya.

Namun, Nabi SAWu menjawab, 'Aku telah mondar-mandir kepada Rabbku hingga 9 kali sampai aku malu terhadap-Nya.'" (Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim; dan lafal hadis ini berdasarkan Imam Muslim).

Itulah ulasan Kisah Isra Mi'raj lengkap, perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit 7 pada malam 27 Rajab hingga perintah sholat 5 waktu.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News