Kisah Nabi Adam Lengkap dari Lahir sampai Wafat Menurut Al Quran dan Hadits

Kastolani Marzuki · Selasa, 12 Desember 2023 - 05:30 WIB
Kisah Nabi Adam Lengkap dari Lahir sampai Wafat Menurut Al Quran dan Hadits
Ilustrasi Kisah Nabi Adam lengkap dari lahir sampai wafat. (Freepik)

Kisah Nabi Adam dan Siti Hawa

Setelah itu ditimpakan rasa kantuk kepada Adam, kemudian Allah mengambil salah satu dari tulang iga sebelah kirinya. Lalu Allah menjadikan tulang iganya itu istrinya yaitu Siti Hawa  agar Adam merasa tenang hidup dengannya.

Ketika tidur dicabut darinya dan Adam terbangun, ia melihat Siti Hawa telah berada di sampingnya. Siti Hawa diciptakan sebelum Adam tinggal di surga.

Setelah itu, Allah mengawinkannya dan menjadikan rasa tenang dan tenteram dalam diri Adam. "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanannya yang banyak lagi balk di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim. (Al-Baqarah: 35)

Saat menikahi Siti Hawa, Nabi Adam bertanya "apa mahar/mas kawinnya? Allah menjawab, aku mencegah kalian dari pohon gandum, maka janganlah kalian makan dan itulah maharnya.

Allah SWT lalu berfirman “صل الله على حبيب محمد ” Bacalah Shalawat kepada kekasihku Muhammad.

Lalu Adam bertanya, siapak­ah Muhammad itu ? Allah menjawab, dia adalah anak cucumu nanti dan dia adalah penutup para nabi. Andai bukan karena dia (Muhammad), Aku (Allah) tidak akan menciptakan makhluk.

Kemudian Allah menikahkan Adam dengan Hawa dan itu bertepatan hari Jumat setelah tergelincirnya matahari. Karena itulah disunnahkan menikah pada hari Jumat.

Setelah Adam menikah, Allah memberi wahyu kepada malaikat ridwan sang penjaga surga untuk membuatkan perkemahan dan merias para wildan atau pelayan surga dan para bidadari.

Nabi Adam dan Hawa lalu berkeliling menaiki unta dan akhirnya sampai di pintu surga dan mereka terdiam sebentar.
Kemudian Allah memberi wahyu pada Adam, ini surgaku dan istana kemulyaanku masuklah kalian dan makanlah apa yang ada sesuka hati kalian dan janganlah mendekat pada pohon ini niscaya kalian tergolong orang-orang dzalim. Malaikat yang jadi saksi atas pernikahan mereka kemudian mengantar Adam dan Hawa masuk ke surga.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News