5 Resep Dendeng Sapi, Dimasak Balado dan Tambah Pete Makin Nikmat

Vien Dimyati ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 15:30 WIB
5 Resep Dendeng Sapi, Dimasak Balado dan Tambah Pete Makin Nikmat
Resep dendeng sapi paling enak (Foto: Instagram@resepmasakbyrinjani)

3. Dendeng Sapi Makaroni

Resep dendeng sapi ini bisa Anda kreasikan dengan makaroni. Rasanya semakin lezat dan enak dijadikan lauk.

Bahan:

750 gram daging sapi (sengkel, has)
100 gram makaroni

Bahan halus:

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
3 cabai rawit hijau
4 cabai rawit merah
25 cabai merah keriting
2 sdt garam

Bahan tumis:

Sedikit air matang
1 sdm saus tiram
2 daun jeruk
1 sdt Kaldu bubuk
1 sdt garem
1 sdt gula

Cara Memasak:

1. Potong-potong daging. Iris tebal kira-kira 1 cm. Bumbui dengan bawang putih, garam dan merica. Diamkan 15 menit. Pindahkan daging ke wajan, beri air secukupnya masak sampai air habis dan daging empuk. Angkat dan tiriskan
2. Siapkan minyak untuk menggoreng daging, tunggu hingga minyak panas. Goreng daging dengan minyak panas sebentar saja tidak perlu sampai kering (goreng daging hingga berubah warna menjadi coklat tua). Kemudian setelah berubah warna, angkat dan tiriskan.
3. Siapkan Panci berisi air, bila sudah mendidih masukkan minyak goreng 2 sendok makan. Lalu masukkan makaroni aduk rata tutup, apinya sedang saja. Rebus makaroni sampai agak empuk (jangan terlalu empuk). Setelah agak empuk tiriskan. (Rebus 3 menit saja, tapi tutupnya jangan dibuka dulu, matikan api).
4. Siapkan minyak panas untuk menumis. Ketika minyak sudah panas, masukan bumbu halus tumis hingga harum. Setelah harum masukan 2 buah daun jeruk tumis hingga harum. Setelah harum Tambahkan sedikit air matang, kaldu bubuk, sdt garam, sdt gula, sdm saus tiram aduk hingga rata. Koreksi rasa.
5. Setelah itu masukkan daging yang sudah digoreng, aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan makaroni yang sudah direbus. Aduk hingga rata. Diamkan sebentar. Setelah itu angkat dan tiriskan.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News